.

Mengenal Perangkat Input Komputer (perangkat masukan atau input devices)

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2uE2AqMsrV1-r8xaSk8MTf4xriUYskWZ127P80AVOZIk0qAaRsXVdi4Oo28uKNwKXNzK6fkmSRqnIBFgonRn_e2S6c0csyucsSsSaysxYNEnaWgl0B_xrAfuhWg5dwlcpbDDPWUESZSOX/s1600/inputdevice.jpg

Mengenal Perangkat input komputer (perangkat masukan atau input devices) - Perangkat masukan atau input devices adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data-data dan memberikan perintah pada komputer untuk digunakan pada proses lebih lanjut. Perangkat input merupakan bagian dari perangkat keras komputer (hadware). Berikut adalah beberapa perangkat masukan komputer tersebut.
  1. Keyboard
Keyboard atau papan ketik memiliki tampilan yang mirip dengan mesih ketik. Pada keyboard terdapat tombol-tombol. Fungsi keyboard adalah sebagai media interaksi atau penghubung antara komputer dengan pengguna. Perangkat ini digunakan untuk memasukkan data berupa teks, seperti angka, huruf, simbol-simbol, tanda baca, dan sebagainya. Keyboard juga digunakan untuk memberikan perintah, seperti menyimpan, menghapus, atau mengopi isi dari dokumen.
  1. Mouse
Mouse atau tetikus merupakan perangkat input yang berfungsi sebagai alat penunjuk pada komputer. Perangkat ini digunakan menggerakkan kursor dan memberikan perintah pada komputer yang lebih praktis dan lebih cepat dibandingkan dengan keyboard. Mouse dilengkai dengan tombol klik kiri dan kanan yang memiliki banyak fungsi di dalamnya terkait aspek teknis penggunaan komputer.
  1. Scanner
Perangkat ini digunakan untuk memindaai tulisan, gambar, atau objek-objek lain menjadi format elektronik agar bisa diolah lebih lanjut di komputer.
  1. Mikrofon
Mikrofon merupakan perangkat input suara. Perangkat input komputer ini digunakan untuk sejumlah aplikasi, misalnya pencampuran musik atau menambahkan suara pada presentasi yang menggunakan multimedia.
  1. Joystick
Perangkat input yang satu ini berupa yang tongkat yang berfungsi sebagai penggerak penunjuk. Perangkat ini biasanya digunakan untuk bermain game komputer.
  1. Light Pen
Perangkat masukan ini berupa pena yang disambungkan langsung ke komputer menggunakan kabel. Light pen mempunyai sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer.
Perangkat input komputer banyak jenisnya. Selain yang telah disebutkan di atas, masih ada perangkat-perangkat input lainnya, seperti touch pad,  trackball, kamera digital, kamera video digital mini,  digitizer, dan barcode reader. Masing-masing memiliki fungsi spesifik yang membuat manfaat komputer menjadi makin luas dan dapat digunakan untuk berbagai kepentingan.


Sumber Ilmukomputer.com
Powered by Blogger.